Senin, 03 November 2008

Ya iyalah beda......


Kemarin on YM dua temen jaman kuliah tiba-tiba online. Tumben bener, secara kalo gue online (read : everyday), mereka nggak pernah online juga. Makanya kemaren agak-agak surprised gitu deh liat mereka online. Hebatnya dua-duanya online disaat bersamaan. Bener-bener kebetulan, dan kebetulan lagi gue memang pengen ngobrol bareng mereka. Udah lama sejak lulus S2 agak-agak hilang kontak gitu, entah mereka sibuk ngapain. Atau jangan-jangan gue yang terlalu sibuk. Sibuk beredar maksudnya, membenahi pergaulan dan status sosial. Hehehehehe.

Pagi itu ngobrol sama mereka berdua, bikin pipi gue panas. Berasa ditampar berulang kali. Sakit. Pasalnya usut punya usut, mereka lagi ngambil PhD. Yang satu di Jepang, yang satu di Inggris. WHAT!!!!!Are you kidding me! Udah ngambil S3 aja mereka, secara lulus S2 nya sama gue bareng. Kok gue belom ambil S3? (sirik mode on).

As info, dari jamannya S1 mereka udah dapet cap di jidatnya masing-masing sebagai calon dosen ITB masa depan. Lulus S1 dan S2 dengan cemerlang, a.k.a cum laude, track record research bagus, attitude membanggangkan, kinerja di lab juga excellent, hubungan sama dosen-dosen oke banget. Pokoknya jalan hidup mereka scientist banget deh. Makanya gue seharusnya nggak heran kalo mereka tiba-tiba dapet sponsor buat kuliah S3 di luar negeri. Catet : ITB sekarang nggak nerima dosen lulusan S2, harus S3 dan lulusan luar negeri. Nggak cinta produk dalam negeri neh ITB. Hehehehe. Becanda, Gajah!!!

Kenyataan ini bikin gue berbalik pikir, apa salahnya sama gue? Apa bedanya gue sama mereka? Kalo mereka bisa kan seharusnya gue juga bisa. Tapi kalau dipikir-pikir lebih jauh, gue sadar bener kalo mereka sama gue bedanya jauh. Kalupun nggak jauh-jauh amat tapi perbedaannya essensial, mendasar banget, Makanya terlihat jomplang.

[satu]
Mereka lulus S1 dan S2 dengan cum laude, memang karena mereka pinter. Bawaan orok, genetik. Sorry to say neh, bukannya sombong, gue juga S1 dan S2 Alhamdulillah cum laude, tapi kayaknya banyak karena faktor kebetulannya deh, just lucky factor. Kebetulan gue niat banget pengen cum laude. Biar eksis, biar jadi topik pembicaraan se-fakultas. Heheheheh. See?

[dua]
Waktu ada jam kosong diantara dua mata kuliah, pasti mereka sibuk baca-baca diktat atau setidaknya ngendon di perpus. Gue kalo ada waktu kosong pasti langsung ngacir ke mall buat makan atau belanja.

[tiga]
Libur semesteran yang lumayan panjang mereka manfaatin buat nyari short course ke luar negeri, membuka peluang kata mereka. Kalau gue sibuk nyari travel agent buat ngurus liburan gue. Kalau lagi beruntung nyokap gue mau bayarin ya keluar negeri, tapi kalo nggak dalam negeri aja.

Sebenernya masih banyak perbedaan-perbedaan gue sama mereka, tapi kalo diumbar semuanya nanti malah keliatan kalo gue yang sebenernya keseringan wasting time for nothing. Jadi sebenernya nggak adil kan sirik sama mereka. Toh kalau ditanya siapa yang salah ketika gue nggak sama kayak mereka? Ya yang salah pastinya gue. Tentu gue. Jelas-jelas gue.

Tidak ada komentar: