Halaman

Sabtu, 07 Juni 2008

MEMORIES

Kemaren gue baru baca blognya temen gue, Fa. Di salah satu tulisan barunya, dia cerita memori-memorinya waktu dia kuliah di Jogja. Ternyata dia itu banyak kesamaan sama gue waktu jaman kuliah. Bedanya dia berani merantau ke Jogja, sementara gue dari lahir sampei S2 semuanya di Bandung. Fa malah lebih maju, one step ahead. Dia S2 nya di Singapur. Gak apa-apa, yang penting akhirnya sama. Bitchy maksudnya. Hehehehe. Yuda as bitchy as Fa…atau Fa as bitcy as Yuda. Tau ah gelaph.

Kalo diliat dari awal (baca : jaman kuliah), gue itu setipe ama Fa. Tipikal anak rumahan, baik-baik, bintang kelas gitu deh. Nggak banyak neko-neko. Heboh sih pastinya, tapi belajar is number one. For Fa. Buat gue sih sebenernya biasa-biasa aja. Makanya gue heran sama temen-temen gue yang selalu nganggep kalo gue itu kerjaannya cuman belajar. Padahal gue jarang tuch belajar, banyakan maen. Kalo pinter, dari sananya kali yach! (teuteup narsis).

Di blognya itu Fa nulis kalo waktu jaman kuliah itu dia nggak sempet pacaran. Gue rasa dia bukan nggak sempet pacaran, tapi dia emang belom mekar aja, belom menemukan dunianya, jati diri yang sebenernya. Buktinya sekarang dia mekar beuneur. Iya sih, dia kuliah jaman kapan coba, jaman gue masih pake baju putih merah kayaknya (ups…ketauan deh umurnya Fa, maaph ya!).

Yang bikin gue ketawa-ketawa sendiri waktu di depan monitor baca tulisannya itu, dia menjelaskan kenapa dia nggak sempet pacaran. Dia bilang waktu jaman kuliah itu dia lebih banyak bergelut dengan setumpuk tugas dari dosen, nerjemahin artikel atau text book buat temen-temenya, rajin ngerapihin catetan, jurnal or something. Saking rajinnya dia nyatet, kalo mau ujian pasti bakal ada antrian hampir sekelas minjem catetannya dia buat dikopi. Trus kalo mau ujian, Fa suka ngacir sembunyi di perpus soalnya kalo di kosan, dia nggak bisa belajar. Banyak yang ganggu, minta diajarin.

Kenapa gue ketawa baca blog itu, karena ya gue banget. Jaman kuliah itu gue terkenal banget paling rajin bikin catetan rapi, jadi kalo lagi musim ujian pasti banyak banget yang ngincer minjem catetan buat dikopi. Sayangnya gue nggak sebaik Fa. Gue banyakan BT-nya kalo dipinjemin. BT atau pelit yah? Pelit kali. Tapi kan gue sebel, masa tiap mau ujian semua catetan gue dipinjemin. Mereka nggak tau apa kalo buat bikin catetan itu gue kadang mengorbankan jadwal dugem gue, atau jadwal gue ketemu sama yayang. Maaph Fa, jaman kuliah gue udah meletek, udah mekar. Thanks God!

Bedanya gue ama Fa lagi, kalo mau ujian gue nggak pernah ngacir ke perpus. Perpus apaan sih? Hehehe. Sorry, gue baru rajin ke perpus waktu mau skripsi aja. Gue sih kalo mo ujian, belajar di rumah aja, dijamin nggak ada temen yang nyatronin. Pergi ujian agak-agak tepat waktu, padahal temen-temen gue pada datang awal banget. Heran, kalo kuliah aja pasti telat, ujian kok jadi rajin. Mereka bilang posisi menentukan prestasi. Gue sih nggak perlu takut nggak kebagian posisi bagus, karena ketika gue datang ke kelas pasti sudah tersedia tempat duduk dengan posisi yang nyaman. Nyaman buat temen-temen gue maksudnya. Mereka meng-create posisi gue dikelilingi mereka. Biar gampang nyontek sama gue katanya. Gue sih asik-asik aja, asal selama nyontek jangan bikin gue BT. Misalnya bilang kalo jawaban gue kurang tepat. Nyontek ya nyontek aja, nggak usah pake protes. Hehehehe. Emosi.

Fa pernah gantiin ujian matematika kakak kelasnya. Alesannya karena kakak kelasnya itu melas-melas ama Fa, lagian dia udah ngulang matematika 3 kali tapi nggak lulus-lulus. Fa emang suka sama kakak kelasnya itu, dan kayaknya kakak kelasnya itu juga tahu makanya dimanfaatkan. Bego amat sih lo Fa, tapi ya back to rules number one. Love makes us blind. Beda banget sama gue. Kalo ada yang minta gantiin dia buat ujian, pasti gue gampar. Enak aja. Lagian ada dua hal yang bikin kejadian itu nggak mungkin kejadian sama gue. Pertama, di kampus gue nggak mungkin bisa gantiin orang ujian. Pasti ketahuan. Kedua, ya Allah kok kakak kelas gue nggak ada yang lucu sih. Sumpah inimah. Makanya gue lebih banyak beredar di kampusnya orang, menambah referensi. See, how bitchy I am!

Baca blognya Fa, serasa napak tilas. Seru-seruan bernostalgia di jaman-jaman kejayaan dulu. Sekarang gue malah kangen masa-masa itu. Masa-masa sibuk ngerjain jurnal praktikum, sibuk bikin laporan dan tugas, deg-degan mau ujian ketok. Pokonya masa-masa itu bikin kangen. Pengen deh sekali-kali kembali ke masa itu. Masa dimana gue bersinar banget dengan prinsip Eksis Narsis Najis.

Tidak ada komentar: