Halaman

Minggu, 10 Agustus 2008

R&D AMBIGU

Sekarang gue paling susah ngejawab pertanyaan dari banyak orang soal kerjaan gue. Bukannya gue mau nutup-nutupin kerjaan gue itu apa, toh kerjaan gue bukan sesuatu yang haram dan nista semisal jadi germo or gigolo. Bukan juga gue sok jaim, pengen terlihat misterius. Nggak penting juga karena kerjaan gue bukan detektif yang penuh kerahasiaan. Apalagi karena malu dan minder, karena kerjaan gue lumayan “oke”. Bahkan jadi team leader segala, setingkat supervisor. Jadi nggak ada alesan buat malu dan minder kan

Trus kenapa musti susah jawabnya? Kan kalo “oke” harusnya diumbar aja sekalian. Biar eksis, biar nampak okeh. Sebenernya bukan susah jawabnya, karena gue tinggal bilang kerjaan gue itu jadi R&D alias research and development. Such a great job kan? Posisi yang banyak diincer sama orang-orang sains. Nah masalahnya, gue sekarang susah buat ngejabarin what kind of R&D I am? Berkesan ambigu untuk dijelaskan. Lebih ambigu malahan karena kan kalo ambigu itu punya makna ganda. Nah kalo posisi gue sebagai R&D itu, maknanya nggak lagi ganda. Lebih dari dua.

Wait…..Emangnya gue itu R&D apaan sih? Gue kan kerja di perusahaan food processing, berarti research soal makanan donk. Apanya yang ambigu? Oke-oke, let me explain my confusion. I am R&D of :

[satu]
R&D beneran. Disini gue berperan sebagai researcher yang mengembangkan produk-produk makanan. Whole process, dari hulu sampai hilir. Bagaimana meningkatkan nilai pangan suatu produk makanan. Diversifikasi produk juga jadi tugas gue sebagai R&D beneran ini.
[dua]
R&D lay out. Gue bertugas untuk mendesain bagaimana lay out suatu ruang produksi dan laboratorium seharusnya. Lumanyan nyambung lah sama ilmu gue, meski sering bete karena tiap meeting lay out yang udah fix selalu diubah-ubah lagi. Gue berasa bodoh jadinya. Lupa, gue emang bodoh kan, cuman beruntung aja selama ini.
[tiga]
R&D produksi. Dengan alesan karena ini perusahaan baru maka nanti orang produksinya ya gue juga. Semua proses produksi gue yang handle, dari mulai nyiapain raw material sampe packaging. Kalo perlu sampe angkut-angkut kalee.
[empat]
R&D legal. Semua perizinan dan tetek bengek birokrasinya gue juga yang ngurusin. Dari mulai ngadep big boss buat minta approval sampe nyetir puluhan kilo buat nemuin pejabat berwenang gue jabanin. Jemput peninjau dari instansi terkait juga jadi tanggung jawab gue. Termasuk bikin surat-surat pendukungnya.
[lima]
R&D business development. How to make a good business plan juga urusan gue. Berasa belajar lagi kewirausahaan. Belajar posisioning, segmenting dan targeting lagi gue, padahal sumpah udah pada lupa. Gue juga musti analisis market sharenya. Trus musti nentuin kalo produk yang mau kita launching itu based on market driven or product driven. Pokoknya semua yang berhubungan dengan bisnis-bisnisan itu juga put on my shoulder.
[enam]
R&D purchasing/procurement. Semua barang-barang yang mau dibeli juga musti gue yang nentuin spectnya apa, bikin penawarannya kemana aja, nentuin beli ke mana, supplier yang mana, harganya berapa, nego harga, minta diskon, bikin usulan pembelian (UP), bikin purchasing order (PO), sampei bikin berita acara kalo barang itu udah dateng. Termasuk nandatanganin semua formnya. Rangkap-rangkap malah, pemohon, petugas gudang, petugas ahli dan kepala gudangnya ya gue-gue juga. Hebat bukan?
[tujuh]
R&D OB. Kalo mau ada kunjungan dari mana atau big boss udah complain-complain soal kebersihan maka dengan tidak sungkan-sungkan gue juga musti ngeberesin semuanya. Including ngepel dan ngelap-ngelap yah. Pokoknya yang berkeringat-keringat juga jadi salah satu job des gue. Oh iya, termasuk ngangkut barang-barang yang dateng abis dibeli juga. Pokoknya OB banget deh.

Tuh kan, gimana gue nggak bingung dan susah kalo ada yang nanya kerjaan gue apa. Secara kerjaannya turn over alias tumpang tindih. Semua-muanya musti gue yang kerjain. Mabok-mabok deh gue. Mungkin gue juga sih yang salah waktu ditawarin kerja di perusahaan ini. Dulu ownernya cuman bilang kalo gue direkrut jadi R&D. Gue nggak nanya kalo sebenernya R&D apa. Coba kalo nanya, pasti gue disuruh milih mau R&D mana diantara nomer satu sampe tujuh diatas.

Karena gue nggak nanya makanya R&Dnya ya R&D semua. Nggak boleh nolak karena dulu gue nggak nanya dan nggak milih. Kalo udah begini berasa pengen punya kekuatan untuk memutar balik peristiwa. I wish I could turn back times.

So guys, would you help me! Which one of R&D that appropriate for me? Satu, dua, tiga, empat, lima, enam, tujuh? Ato memang semuanya jadi paket lengkap yang musti gue pilih. No choices and no bargain.

Tau ah. Pusiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiing!

Tidak ada komentar: