Rabu, 06 Januari 2010

Blog Muram dan Award

Dulu waktu awal-awal ngeblog, rasanya iri deh kalo liat blog orang dapet award. Kesannya itu blog keren banget (dan emang dasarnya keren). Terus pernah kepikiran, kapan yah dapet award kayak gitu? Perasaan ngeblog udah sekian lama tapi gak pernah ada yang notice kalau taman aksara itu ada. Ya iya lah, gimana orang-orang mau notice kalau gue nggak pernah woro-woro punya blog, nggak pernah blogwalking ke blog-blog yang lain dan ninggalin jejak. Kayak mimpi menang hadiah tapi nggak pernah ikutan kuis. Mustahil.

Gue terus berproses, terus menulis tanpa peduli ada yang baca atau nggak, tanpa peduli kualitas tulisan gue seperti apa karena yang ada di kepala cuma nulis dan nulis. Dari sana gue juga tahu dan kemudian ngerti sesuatu. Gimana ada yang mau ngasih award kalo tulisan gue sebegitu rupa. Nggak ada bagus-bagusnya (emang sekarang bagus??) meskipun sampai sekarang gue ngerasa, tulisan gue sangat biasa kalau dibandingkan sama bloger lain. Tapi gue kemudian menemukan sesuatu, gue ngerasa gue punya ciri khas. Permainan diksi.

Mungkin buat beberapa (banyak) orang, blog gue itu terlalu gloomy. Suram dan muram. Kesannya gue cuman bisa ngeluh, cuman terlingkarkan dengan sesuatu yang berbau sendu dan kesedihan. Gue akui itu. Tapi itu proses tanpa sadar. Ketika gue menulis, jatohnya kembali ke mendayu bahkan ketika gue menulis sesuatu yang bahagia. Gue kemudian mikir bahwa itu adalah ciri khas, kemampuan gue hanya disekitar bagaimana memainkan diksi. Gue nggak bisa nulis seringan orang, mengalir penuh makna tanpa harus membuat berpikir orang yang membacanya.

Bukan berarti gue nggak berusaha merubah style, gue selalu belajar. Gue kadang ingin nulis sesuatu yang bitchy, yang orang kemudian merasa bahwa mereka juga memiliki pengalaman ke-bitchy-an yang sama dengan gue. Atau kadang pengen nulis pengalaman gue dengan penuh humor atau muatan yang terasa ringan. Tapi hasil akhirnya selalu nggak bagus (menurut gue lho!) jadi ketimbang nggak bagus, gue kembali ke style gw yang orang bilang muram. Gue berkutat disana dengan nyaman.

Gue hanya berharap meskipun blog gue terasa muram, gue tidak menularkan aura kemuraman itu pada yang baca. Gue hanya bermaksud membagi pengalaman (yang nggak seberapa) dan mudah-mudahan ada yang bisa diambil. Kalaupun nggak ada, dilepeh lagi aja dari otak. Anggap hiburan nggak penting, sekedar intermezzo tanpa arti. Jangan jadi terbawa muram dan suram.

Kembali ke soal award, yippieee!! Akhirnya gue dapet beberapa dan dengan nggak tahu dirinya gue nggak antusias untuk mengambilnya. Sebenarnya bukan nggak antusias, tapi lebih ke malu (sejak kapan gue tahu malu?). Gue nggak ngerjain tugas dan perintahnya, jadi gue nggak ngambil. Maaf yah buat yang udah ngasih, bukan nggak ngehargain lho. Dirapel aja yah sekarang sekalian.

Award pertama dari Mbak Enno katanya buat apisindica si lebah yang tabah (tabah karena saat itu gue lagi sibuk posting mengenai cinta bertepuk sebelah tangan gue itu). Awardnya bukan nggak antusias diambil, tapi karena ada perintahnya. Disuruh bikin puisi mengenai Indonesia. Waduh, jiwa pujangga dalam diri gue terberangus habis oleh kuliah science yang jelimet. Jadi udah nggak pernah bisa bikin puisi lagi. Maaf yah Mbak. Dengan tidak tahu malu, sekarang gue ambil meski puisinya tetap gak dikerjain.


Award kedua dari Pohon. Awardnya boleh diambil kalau gue menuliskan 10 resensi buku yang gue baca. Nggak gue kerjain juga. Maaf. Soalnya pasti nggak asik kalo gue menuliskan 10 buku yang terakhir gue baca. Masa gue bikin resensi mengenai Molecular Biotechnology atau Microbial Physiology. Pasti nggak seru dan nggak menarik kan? (pembelaan diri lagi) Tapi beneran, sekarang jarang baca novel atau buku-buku lainnya.


Award ketiga dari Ninneta. Mbak gue yang satu ini, ngasih award kayak ngasih baju di keranjang diskon. Banyak dan bebas mau milih yang mana aja tanpa ada tugasnya. Gue milih yang ini aja yah Mbak dengan pertimbangan lebah dan kupu-kupu kekerabatannya lebih dekat (alasan gak penting). Makasih banyak ngasih gue keleluasaan buat milih award mana yang mau gue ambil.




Award keempat dari pohon (LAGI). Buat lebah madu yang lagi main di taman aksara katanya. Awardnya dikasih pas tutup tahun kemarin. Katagori awardnya bikin bingung soalnya “smart and diligent blog”. Bingung gue itu pinter dan rajin sebelah mananya. Tapi apapun itu terima kasih buat anugerahnya yah.



Sekali lagi terima kasih buat semua yang telah mengapresiasi blog lenjeh-lenjeh yang gue buat ini. Baik yang ngefans (gue yakin nggak ada) atau buat yang antipati. Kalian semua membuat gue senantiasa ingin terus belajar dewasa. Terima kasih ya!

21 komentar:

NaiCaNa mengatakan...

ternyata semua org mersakan ya saat pertama nge-blog klo tulisan Qta muram :)

selamat ya atas awardnya :)

Ligx mengatakan...

Apis.. kalo diibaratkan kamu muncul di tv.. apis itu kayak sinetron (yg pada dasarnya gw gak suka) tapi gue nunggu tiap episode berikutnya.. makanya dari dulu follow,,
cihuuyy apis dapat award dari FBI (Festival blog Indonesia) wkwkwkwkwkw
selamat ya..
apis aslinya gak muram kok(baca:sok tau,sok kenal,sok deket bgt y gw?) hihihi

M. mengatakan...

duh jujur ya memang sih muram dan kadang gw jadi maaf malas bacanya kalo terlalu muram dan panjang, soalnya bawaannya gw jadi ikutan muram tapi ya kadang gak baca jadi ngangenin juga soalnya gw sendiri ngakuin kekuatan diksi lo itu dahsyat, gw gak bisa nulis spt tulisan lo makanya kan gw pernah bilang lo kayak penulis cerpen veteran, kalo gw nulis dg diksi spt lo dg gaya puitis lo yang ada malah tulisan gw berasa lebay, actually sih gw iri dg kemampuan lo itu, tapi ya gw sadar tiap orang punya kemampuannya masing2

Grey_S mengatakan...

Gw baru tau di Blog ada Award-award-an kayak gini... Telat banget seh gw.

Tapi Selamat yah Pis, akhirnya ada yg menghargai kerja keras lo.

Kalo menurut gw seh, yang penting isi blog itu dari hati. Jadi ada jiwa dalam blog tersebut. Nge-blog itu kan sebuah seni jg. Sama seperti melukis / menulis.

Keep Writing & nge blog ya bro.

Alil mengatakan...

setuju ama M
disinilah letak competitive advantage mu Pis..
*ciee.. dah pake istilah ekonomi yg bikin muntah...

teruskan pis...
kadang kita butuh tulisanmu buat ngaca...

Jo mengatakan...

Nulis pake cara lo sendiri ya lebih bagus dari pada nulis ngarepin award. Kalo ngarepin award artinya tulisannya sengaja dibikin DEMI award itu.. ga asli lagi...

Lo dan tulisan lo emang sendu.. trus gmana lagi.. tapi setidaknya dari kisah lo orang-orang bisa berkaca... (Alil aja ngaca tuh.. xixi)

Zhou Yu mengatakan...

Tulisan apis emang mendayu-dayu kok. Gw udah suka baca tulisannya sejak jaman lu ngeblog awal-awal, puitis. Malah tadinya gw kira lu sastrawan, pis.

Pohonku Sepi Sendiri mengatakan...

hehe.. makasih bro udah berkenan majang ewotnya..
menurutku tulisan apis bagus kok, sungguh.. mo itu dibilang muram mopun sendu, tapi suka aja bacanya.. hehe..
semoga tetap semangat nulis ya bro.. :)

Apisindica mengatakan...

@NaiCana: karena kita nulis biasanya pas lagi ingin numpahin unek-unek saat banyak masalah. Jadi biasanya muram. hehehe

Makasih udah mampir!

@Ligx: hahaha, kayak sinetron yah! sinetron striping berarti. ;) Makasih buat apresiasinya yah say! gw emang gak muram kok orangnya. Lo tau itu kaaan?

@M: nggak usah minta maaf ketika nggak baca tulisan gw, gapapa. Itu hak prerogratif tiap orang. makasih juga pujiannya tentang diksi-diksi itu ya!

@Grey: baru tahu ada award di blog? Kemana aja greyyy? hehehe

setuju, yang penting gw nulisnya pake hati. Itu yang penting.

@Alil: makasih yah Alil. Selamat berkaca then...

@Jo: gw nulis nggak ngarepin award kok, buktinya dulu 5 bulan pertama gak ada yang baca aja gw tetep nulis (banyak) kan? jadi award itu dulu gw pikir karena blognya emang keren.

tulisan gw emang sendu. Tapi kalo gw nya? yakin lo gw sendu? segini nyablaknya. hehehehehe

@Zhou yu: dooh, makasih lho atas pujian dan kekonsitenannya baca blog gw. ;)

Gw sastrawan? yang ada peneliti sinting!!

@Pohon: thanks buat dukungannya yah pohon. Terima kasih buat award2nya juga.

Arya mengatakan...

aku juga suka kok ... kalo butuh nangis-nangis .. daripada liat film korea yang lebih dari satu jam itu .... aku ke blogmu aja hehehe

Arema mengatakan...

yang baca banyak pis... keliatan dari komennya kan. seringkali juga, yang baca ga ninggalin komen karena ga tau caranya, karena emang ga ada komen, atau emang lebih suka komen langsung ke penulisnya di YM atau media personal lainnya(kasus terakhir is my case). aku dl mulai ngeblog sih broadcast ke temen2 lewat fb hihihi... jadi majority readerku temen2 yg emang ga pny blog dan kenal aku secara pribadi dan langsung ngasi feedback secara personal... tp ada jg temen2 hasil dr blogwalking hihihi

Apisindica mengatakan...

@mas arya: aih, dapet komen dari penulis blog paporit aku. hehehe. makasih yah mas udah suka blog aku! ;)

Hihi. berarti blog aku beneran mellow yah soalnya disamain sama pelem korea.

@Arema: Alhamdulillah kalo banyak yang baca. Mudah-mudahan bisa ada manpaatnya. Kalo isinya mellow emang jarang yang komen, karena gak tau mau komen apaan. hehehe. Tapi gapapa kok. Aku hanya ingin menulis! ;)

blog aku kan discreet, jadi nggak mungkin woro-woro di fb. hahahaha. Sok penting banget yah aku. Thanks yah udah mampir dan drop komen.

maiank mengatakan...

salam kenal kak apis..hehehe
aku suka baca blognya,

yaaa ada penglaman hampir sama tentang kemuraman, cinta bertepuk sabelah tangan*hasyaah....

hihihihi
ada ada saja saya ini..hehehehe

Apisindica mengatakan...

@maiank: salam kenal juga maiank. Alhamdulillah kalau suka baca blog aku. hehehe

makasih yah udah mampir!

rid mengatakan...

wuahauhahaha...jadi ingat, blogku juga pernah di bilang muram, sendu dll..tapi yah cuek aja pis, yang penting kita nulis dari hati, dan kalo emang gaya penulisan kamu memang gitu masak harus maksain diri untuk ngerubah. nulis mah nulis aja..^^
piiiss

keep writing

rid mengatakan...

btw selamat award2nya
semoga bisa nambah semangat ngeblog..

Apisindica mengatakan...

@Rid: iya rid, yang penting menulis itu dari hati. makasih yah!

Ginkoberry mengatakan...

Whoa awardnya banyaaak hoho. Yang gw suka dari gaya menulis Apis itu... agak-agak puitis, walau agak-agak panjang juga hihi. Anyway, keep writing! :D

Apisindica mengatakan...

@ginko: terima kasih Bro! kalo panjang, iya sih. susa suka ngeremnya. Susah berenti kalo udah mulai nulis. ;)

BilikTehan mengatakan...

Alo apis... Selamat yah, dapat award :). Gw suka blog lu, karena bs membuat gw merenung. Biar pun ternyata gak dapat award, tapi banyak jg fansnya kok ^^

Apisindica mengatakan...

@tehan: Alhamdulillah kalau dengan membaca blog aku bisa bikin kamu merenung. Mudah-mudahan hasil perenunangannya bisa menjadikan kita semua lebih baik lagi. Terima kasih juga sudah mengapresiasi blognya apis. ;)

masa sih banyak fansnya? kikikikik (berlari sambil menutup muka karena tersanjung)