Kamis, 31 Desember 2009

Renungan Akhir Tahun

Tuhan memang selalu baik terhadap saya.

Tahun ini akan berakhir dan tidak ada rahmat Tuhan yang saya sangsikan. Semuanya saya syukuri baik yang membuat bahagia maupun yang membuat sedih. Saya sadar, perasaan sedih mungkin karena pemahaman saya terhadap maksud Tuhan yang agak berbeda. Tuhan tahu yang terbaik buat saya, jadi ketika sesuatu yang saya harapkan tidak terkabul dan membuat saya sedih, justru Tuhan sedang menyelamatkan saya. Tidak pernah Tuhan menzhalimi umatnya. Itu yang saya yakini.

Tahun ini saya banyak diberi berkat. Mulai dengan pindah kerja, meskipun untuk itu saya harus rela melepaskan jabatan dan kenyamanan yang saya dapatkan selama ini, tapi saya semakin dekat dengan mimpi saya. Menjadi Doktor. Tidak ada yang bisa menandingi kebahagiaan saya ketika semakin mendekati mimpi dan merealisasikan angan. Saya rela menukarkan apapun untuk itu.

Tahun ini juga banyak sahabat-sahabat yang datang menyambangi. Pertemanan yang tidak terduga bisa terjalin sampai seerat ini. Potongan-potongan tulisan dan serakan kata dalam wacana yang akhirnya mempertemukan saya dan mereka. Sahabat-sahabat yang lahir dari sebuah blog yang kemudian tidak hanya bertukar kata tapi terealisasikan dalam dunia nyata sampai saat ini. Sahabat yang dikirim Tuhan untuk kembali membuat saya bahagia dan merasa bahwa saya tidak pernah sendirian dan ditinggalkan.

Sahabat baru juga ternyata lahir dari bukan hanya blog, tapi Tuhan mengirim sebagian dari mereka melalui perantaraan alat-alat berat pembentuk tubuh. Sahabat-sahabat baru yang saya temukan di gym. Sahabat yang kadang (sering) memompakan semangat tidak hanya pada saat latihan tetapi juga di kehidupan-kehidupan di luar itu. Para sahabat yang membuat saya tertawa dengan cara yang berbeda, sahabat yang seringkali membuat saya berpikir, “kok badannya bisa bagus sih?”

Bukan hidup namanya kalau hanya dikasih senyum dan bahagia. Sedih dan air mata jadi paket lengkap dalam hidup. Tahun ini juga saya dianugerahi dua hal tersebut. Saya dikirim tiga orang yang membuat saya mencicip air mata. Mata segaris yang dengan ketegaannya memaksa saya kembali menapak bumi setelah melambungkan saya bukan hanya ke langit ketujuh, tapi ke nirwana. Si cinta sebelah tangan saya, yang kemudian mengajarkan saya untuk TIDAK jatuh cinta lagi pada kekasih orang. Terakhir sahabat baru saya yang seringnya membuat saya terintimidasi oleh perasaan saya sendiri . Tapi berkat semua itu saya mengenal kompromi, mengetahui cara berdamai dengan keadaan, bahkan berdamai dengan diri sendiri.

Di tahun yang baru besok, seperti halnya doa yang terucap ketika saya ulang Tahun kemarin. Saya hanya ingin bahagia. Bahagia dengan cara yang memang telah Tuhan gariskan buat saya. Bahagia yang saya rasakan bahkan ketika banyak hal yang tidak bisa saya raih. Bahagia karena saya yakin saya masih punya Tuhan yang tidak pernah meninggalkan saya, memiliki keluarga yang selalu mencintai dan mendukung saya, serta para sahabat yang selalu ada buat saya. Maka kebahagiaan saya sudah LEBIH dari cukup!

SELAMAT TAHUN BARU 2010 SEMUANYA!!!

13 komentar:

rid mengatakan...

Mat tahun baru, Apis..semoga segalanya lebih baik di tahun baru ini, amin.

Happy New Year All...*_*

Ligx mengatakan...

happy new year all ^_^
closing blog akhir taun nya manis... kaya apis.. hehehehehe

M. mengatakan...

happy new year ya Apis best wishes for you

Ginkoberry mengatakan...

Selamat tahun baruuuu! :D Harus lebih semangat di tahun 2010 ini!

Pohonku Sepi Sendiri mengatakan...

hehe.. Tuhan memang maha memiliki berbagai cara rahasia utk kita ya bro.. saking misteriusnya jalan itu, terkadang kita dgn lancang & bodoh kembali mempertanyakannya..

Selamat Tahun Baru 2010 bro..
di tempatku ada hadiah pergantian tahun buatmu.. mohon sekiranya sudi utk menerima..

A mengatakan...

Selamat tahun baru ya...
gw juga punya pendapat yang sama
"pertemanan tak terduga, dari sebuah "kasus" di Blog"

hari ini gw punya semangat baru,
dari Tuhan, dunia, diri sendiri, dan orbit2 yang mengelilingi gw.


happy newyear!

Alil mengatakan...

Selamat kembali mengawali semuanya dengan lebih baik...

Apisindica mengatakan...

To all: happy new year yah!! amien untuk semua doanya. Semoga kalian juga sukses dan bahagia dengan caranya masing-masing.

ajenk mengatakan...

Happy New Year 2010 apis...!!

wish u all D best...^^

Apisindica mengatakan...

@ajenk: thanks yah!

wish you the same way too...

kotakitem mengatakan...

selamat tahun baru!!!
wish you a year full of blessings

Arema mengatakan...

Selamat tahun baru jugaaa!!!

Apisindica mengatakan...

@kotakitem & Arema : selamat tahun baru jugaaa....