Selasa, 08 Juli 2008

TWO THUMBS UP!

Dulu [sampai sekarang seh!], gue suka merasa kalo gue itu paling hebat. Punya ini, bisa itu, sekolah sampai jenjang tinggi, Kuliah di universitas bergengsi, kerjaan lumayan menghasilkan, posisi nggak jelek-jelek amat dan seabreg hal-hal lain yang seringnya bikin gue besar kepala. Tapi ternyata gue merasa kalo itu semua biasa-biasa aja.

Bekerja di daerah industri yang padat karyawan dari berbagai status dan strata ekonomi membuka mata gue. Ternyata banyak orang yang lebih hebat dari gue [dari perspektif lain tentunya].

Tuntutan ekonomi menyebabkan kebanyakan dari mereka nggak bisa melanjutkan kuliah. Pilihan utama cuman langsung bekerja. Mereka musti mengalahkan ego pribadi demi penghidupan yang lebih baik. Satu hal yang kemudian membuat gue merasa salut. Kalah telak tepatnya.

Temen-temen gue di divisi lain aja banyaknya masih kuliah. Mereka kuliah setelah kerja beberapa tahun. Hebat bukan? Kuliah dengan biaya sendiri, sesuatu yang nggak pernah ada di konsep gue selama ini. Dulu ketika gue lulus SMA, bokap gue langsung mau biayain kuliah. Waktu lulus S1, bokap gue langsung nawarin mau ngebiayain gue buat lanjut ke S2.

Gue baru sadar sekarang, kalo hidup sebenernya sebegitu gampangnya buat gue dalam hal sekolah dan orang tua. Gue yakin, temen-temen gue yang langsung kerja itu bukan nggak mau kuliah, cuma keadaan tidak memungkinkan.

Mungkin kalo kuliah dengan biaya sendiri, kuliahnya lebih berasa kali yah. Lebih bermakna. Jangan kayak gue yang kuliah cuma buat arena maen-maen doank. Nggak mikirin bayar kuliah itu mahal dan susah. Wah....mereka itu hebat yah, two thumbs up! Belom lagi kuliah abis kerja itu bukannya ngantuk? Kuliah nggak sambil kerja aja ngantuk, apalagi pulang kerja. Belom kalo banyak tugas kerjaan plus mo ujian. Tidakkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk...........Mereka memang hebat.

Buat lo-lo pada yang kuliah nggak sambil kerja, mustinya lo itu :
[satu]
Pinter [kayak gue]. Kuliah lo bebannya nggak banyak, paling banter cuman beban tugas dan ujian doank. Nggak musti mikirin cari duit bukan?
[dua]
Gaya [kayak gue]. Lo tuh kuliah bisa pake baju sebebas-bebasnya, makanya kalo nggak gaya ntar gue suruh pulang, hehehehe. Kalo kuliah sambil kerja kan bajunya pasti office outfit. Males ganti-ganti kali mereka.
[tiga]
Bersyukur [jangan kayak gue. Nggak tau diri]. Bersyukur kalo nasib berpihak ke arah lo. Nggak musti cari duit dulu baru kuliah kan? Syukuri apa yang udah Tuhan Kasih buat lo semua.
[empat]
Nggak buang-buang kesempatan [nggak kayak gue. Sering wasting time]. Kesempatan lo buat langsung kuliah udah bagus banget. Jadi jangan buang-buang kesempatan itu. Kuliah yang bener, biar bisa bikin ortu lo yang ngebiayain jadi bangga. Setidaknya nggak nyesel udah wasting money for your education.

But......buat yang kuliah sambil kerja dan ngebiayain kuliah dengan duit hasil jerih payah lo sendiri, teruslah berjuang. Sudah teramat benar dan bagus jalan yang kalian pilih. Gue bangga dan salut sama semangat kalian semua. Siapa lagi yang bisa merubah kehidupan dan strata sosial selain kita sendiri kan?

Two thumbs up, are dedicated to all of you.

Tidak ada komentar: