Senin, 29 Agustus 2011

Setiap Habis Ramadhan

Setiap habis Ramadhan
Hamba rindu lagi Ramadhan
Saat - saat padat beribadah
Tak terhingga nilai mahalnya


Ramadhan akan segera beranjak meninggalkan kita. Bulan yang seharusnya saya isi dengan berbagai ritual ibadah yang akan mendekatkan saya dengan sang Khalik, pencipta saya. Tapi seperti biasa, saya sering kali alpa, mengabaikan esensi ibadah yang seharusnya diperbanyak selama bulan Ramadhan. Saya terlena dengan banyak hal. Masalah pekerjaan, masalah hati, masalah duniawi. Dan tanpa terasa saya akan ditinggalkan Ramadhan.

Setiap habis Ramadhan
Hamba cemas kalau tak sampai
Umur hamba di tahun depan
Berilah hamba kesempatan


Dalam kesadaran beramunisi penuh, saya tahu benar bahwa ada kemungkinan saya tidak bisa bertemu lagi Ramadhan tahun depan. Tidak akan ada lagi kesempatan bagi saya untuk mempertebal keimanan dengan memanfaatkan moment bulan penuh maghfiroh seperti yang Allah janjikan. Saya cemas, saya memintakan diberi kesempatan sekali lagi. Tapi sering kali saya zhalim, ketika saya diberi kesempatan saya tidak memanfaatkannya dengan benar. Apapun itu, di akhir Ramadhan tahun ini, saya tetap meminta diberikan kesempatan.

Setiap habis Ramadhan
Rindu hamba tak pernah menghilang
Mohon tambah umur setahun lagi
Berilah hamba kesempatan


Setidaknya beri saya umur setahun lagi untuk saya memperbaiki diri. Mungkin saya akan lalai seperti biasa, karena itu saya mohon dibimbing, diberi keistiqomahan dalam menjalankan keislaman saya secara kaffah. Saya tahu saya bukan nabi yang akan langsung diingatkan ketika saya berbuat salah, tapi setidaknya beri saya selalu kesadaran untuk berjalan di koridor yang Allah ridhoi. Berjalan dengan kebenaran menurut Allah dan bukan lagi kebenaran menurut saya, karena sering kali yang benar menurut saya justru salah besar di mata Allah. Untuk itu pulalah saya minta diberikan lagi kesempatan, setidaknya setahun lagi untuk saya membenahi diri.

Alangkah nikmat ibadah bulan Ramadhan
Sekeluarga, sekampung, senegara
Kaum muslimin dan muslimat se dunia
Seluruhnya kumpul di persatukan
Dalam memohon ridho-Nya


Saya akan merindukan Ramadhan. Saya akan merindukan saat-saat bagaimana saya menahan diri untuk tidak berkomentar tentang banyak hal. Saya akan merindukan bagaimana saya sekuat tenaga menahan pandangan dari sesuatu yang tidak pantas saya lihat. Saya akan merindukan Ramadhan. Bulan di saat saya sangat rajin mendahulukan sholat di awal waktu daripada berbagai kepentingan. Bulan yang menggembleng saya dengan mewajibkan diri sendiri untuk memperbanyak sholat sunnah dan bersedekah. Saya akan merindukan belenggu itu.

Sekarang di akhir Ramadhan, di saat-saat menuju kemenangan, rasanya tidak pantas kalau saya tidak minta dimaafkan. Meskipun saya membelenggu diri dari semua hawa nafsu, bukan berarti saya luput dari dosa ataupun perbuatan yang menyakitkan. Karenanya, dengan segala kerendahan hati saya meminta maaf lahir batin. Izinkan saya melebur segala kesalahan saya dengan dibukakan pintu maaf dari sekalian banyak orang yang pernah terhubungkan. Entah itu kesalahan yang sengaja maupun yang tidak sengaja, termasuk lintasan hati di dalamnya.

Bersama ini Apisindica mengucapkan :
SELAMAT IDUL FITRI 1 SYAWAL 1432 H
MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN
MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Semoga kita kembali pada kefitrian yang hakiki serta dipertemukan lagi dengan Ramadhan yang agung di tahun mendatang. Amin.

15 komentar:

ROe Salampessy mengatakan...

MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN
MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN
BILA ADA SALAH2 KOMENT UKTHI.

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1432 H.

Wuri SweetY mengatakan...

Kerinduan dan Kegelisahan yg sama yg dialami seluruh muslim di dunia.

Mohon Maaf Lahir Batin jg ya!!!

Enno mengatakan...

mohon maaf lahir dan batin juga ya bradeur...

semoga taun depan kita masih diberi umur untuk menjalani ramadhan sama2 lagi yaaa...

kangen ceng2an di twitter sambil makan sahur...
hiks..

:P

Apisindica mengatakan...

@ROe: UKHTIIII??? hueloooo, aku ikhwan!!! :)

tenang, dimaapkan atas kesalahpahaman ini kok, mumpung momen lebaran :P

@wury:Maaf lahir batin juga yah Wury...

@Enno: amiiiiin. Sistah, kita ketemu lagi tahun depan yah? Meni asa lila keneeeeeh :P

ayo kita ceng-cengan di twitter. SEKARANG!!!!! :))

gloriaputri mengatakan...

hei kang apis :)
met lebaran yaaaaa

maw mudik kmn niiihhh? hehehhehe

takecare
GBU

ROe Salampessy mengatakan...

astagfirullah... afwan afwan..!

saya kira antum itu ukthi.. hahahaha..

ysudah.. selamat hari raya akhi. hihihi. malu gw.

Apisindica mengatakan...

@Glo: makasih yah Glo!!!

Mudik ke bandung sajah :P

@ROe: nggak apa-apa kok. Udah biasa. Tulisan gw terlalu girly kali makanya banyak yang mengira apisindica itu adalah perempuan rapuh. Padahal dia adalah laki-laki garang. Hahahaha

piss...

rona-nauli mengatakan...

bahkan sudah merindukan ramadhan sebelum ramadhan tahun ini berakhir :(

mohon maaf juga ya kalo ada salah dan khilafku...semoga kerja keras kita di ramadhan tahun ini, menjadi bekal di bulan-bulan mendatang. amiin :)

Apisindica mengatakan...

@rona: Beruntunglah orang yang sudah merindukan ramadhan ketika ramadhan justru belum usai.

Sama-sama Rona. Happy Eid Mubarak. Mohon maaf lahir dan batin.

amiiiin. semoga kita menjadi insan yang selalu menjaga hati ketika sudah tidak lagi ramadhan :)

Cindikya mengatakan...

mohon maaf atas segala khilaf ya, bang apiss!:)

Apisindica mengatakan...

@cindi: sama-sama cindiii! maaf lahir batin :)

ninneta mengatakan...

Hai, apakabar sahabat.... :)

Datang untuk mengucapkan,

Selamat hari Raya Idul Fitri, Mohon maaf lahir dan batin.


-Ninneta-

Apisindica mengatakan...

@ninneta: terima kasih sahabat! :)

arik mengatakan...

Selamat Berlebaran.

Apisindica mengatakan...

@Mas Arik: terima kasih mas, selamat lebaran juga. Mohon maaf lahir dan batin.