Halaman

Rabu, 02 April 2008

USE PROTECTION!

Hampir setiap hari bergelut dengan yang namanya aktivitas di klinik bersalin, banyak memberikan pelajaran hidup. Berkaca dari pengalaman orang lain yang kadang membuat gue geli sendiri, nahan tawa, miris, sedih bahkan tak jarang meneteskan air mata ternyata mampu memperkaya khasanah kebatinan jiwa. Mengamati kehidupan pasangan-pasangan muda yang “ajaib” kadang gue suka ngomong sama hati gue sendiri. “ Apa kabar hidup gue?”

Banyak hal-hal yang gak gue ngerti sama keputusan yang udah mereka ambil waktu mutusin buat make out without protection. Halooooo, sekarang kondom udah kaya kacang goreng kali, dijual bebas. Nggak perlu malu buat beli and terutama menggunakannya. Jangan terbentur mitos yang bilang kalo pake kondom rasanya jadi gak enak, such a bulshit. Kalaupun jadi “nggak enak” pikirkan keuntungannya, pasangan lo nggak akan hamil kecuali kondom yang lo pake bocor atau udah expired (ada yang tau gak expired time nya kondom berapa lama?). Yang masih jadi pertanyaan besar di benak gue, emang bener yah kalo pake kondom rasanya jadi nggak enak? Bukannya kondom itu tipis, bahkan ada produk yang ngasih tagline “saking tipisnya berasa nggak pake”. Tapi kalo tipis-tipis banget juga kan ngeri, gimana kalo sobek pas penetrasi. I cant imagine.

Kadang masih ada yang pro kontra sama keberadaan kondom yang dijual bebas di pasaran. Yang kontra bilang kalo kondom di jual bebas berarti seperti mengeluarkan legitimasi terhadap sex bebas di kalangan remaja. Bisa nyaman ngelakuin sex kapan aja tanpa adanya ketakutan. Tapi yang pro juga gak kalah keras ngeluarin argumen, bukan nganjurin buat sex bebas tapi kalau udah gak tahan lagi ya setidaknya do it safe katanya. Gue termasuk orang yang pro, bukan karena gue penganut sex bebas tapi karena melihat gejala kehidupan remaja sekarang ini. Gila, anak kelas 3 SMP aja udah hamil sama temen sekelasnya. 3 SMP bouw! Kalo gue sih umur segitu belom meletek kali. Gue sadar, gue emang telat meleteknya. Where have I been?

KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN KONDOM:
SATU. The biggest benefit in using condom is avoid pregnancy. Keuntungan ini yang banyak diamini oleh banyak pasangan yang belom merit tapi melakukan sex bebas.
DUA. Dengan menggunakan kondom, lo tetep bisa ngeluarinnya di “dalem”. Lo gak musti mikirin musti meng”cut” penetrasi alias ngelakuin coitus interuptus.
TIGA. Lo bakalan lebih nyaman karena pikiran lo gak kebagi sama ketakutan bikin pasangan lo hamil.
EMPAT. Terhindar dari ejakulasi dini karena kenyamanan tadi (nomor 3). Ejakulasi dini pada remaja/dewasa muda yang belom merit disebabkan karena adanya perasaan tidak aman. Perasaan aman dapat diperoleh karena penggunaan kondom
LIMA. Lo bisa ngerasain sensasi barang lo dipegang sama pasangan lo karena biasanya yang pakein kondom itu pasangan kita.
ENAM. Terhindar dari Penyakit Menular Seksual (PMS), apalagi buat lo semua yang seneng “jajan” ato ganti-ganti pasangan.

Gua gak nganjurin lo buat ngelakuin sex bebas tapi gue juga gak akan melarang lo buat melakukannya. Hidup lo, lo juga yang bertanggung jawab. Setidaknya Do it safe, Use Protection! Ingat, ketika lo mutusin buat ngelakuin sex artinya lo udah tahu bahwa resikonya bakal lo tanggung sendiri. Just act like adult…be responsible! At least to yourself, to your partner, to your family, to your social environment and to your God.

Tidak ada komentar: